Home
/
Blog
/
Kegiatan Sosialisasi Pendaftaran/registrasi Psat-p...

Kegiatan Sosialisasi Pendaftaran/Registrasi PSAT-PDUK melalui OSS di Dinas Ketahanan Pangan Kab. Boyolali

26 September 2022 16:25
Admin

Pada hari Selasa, 20 September 2022 di Aula Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Boyolali telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendaftaran/Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan-Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PSAT-PDUK) melalui Online Single Submission (OSS) bagi pelaku usaha di Boyolali. Kegiatan sosialisasi tersebut digelar dalam rangka untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi sistem baru untuk registrasi PSAT-PDUK yakni Online Single Submission, yang mana sistem ini diberlakukan mulai akhir tahun 2021.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Boyolali, Ir. Joko Suhartono. Beliau memberikan informasi tentang pentingnya melakukan registrasi bagi produk PSAT, yaitu dapat memberikan legalitas bagi produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha yang produknya belum terdaftar sebagai produk PSAT-PDUK. Hal tersebut tidak terlepas demi menjamin keamanan pangan bagi konsumen. Beliau menyampaikan kepada peserta bahwa Dinas Ketahanan Pangan Kab. Boyolali siap memfasilitasi kegiatan perijinan melalui aplikasi OSS. Kegiatan yang merupakan bagian dari penguatan kelembagaan keamanan dan mutu pangan segar Daerah Kabupaten/Kota ini diikuti oleh peserta yang mayoritas adalah pelaku usaha penggilingan padi baik yang sudah memiliki no. registrasi label putih, maupun yang belum memiliki nomor registrasi. Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kab. Boyolali, Ir. Wiwit Soco Widati juga memberikan sedikit pengarahan kepada pelaku usaha tentang harapan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini.  Dari kegiatan ini, pelaku usaha diharapkan dapat mengakses aplikasi OSS dan para pelaku usaha memiliki inisiatif tinggi untuk mendaftarkan setiap produknya, karena perijinan ini gratis atau tidak dipungut biaya apapun.

Dalam kegiatan ini, dipaparkan 2 materi dari 2 narasumber. Sesi pertama tentang mekanisme registrasi PSAT-PDUK melalui OSS yang disampaikan oleh Ibu Nur Sufia, S.H. dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Boyolali. Dalam sesi ini, dilakukan pula praktik penggunaan OSS baik melalui aplikasi ataupun melalui laman yang bisa diakses melalui perangkat laptop maupun android. Dalam sesi praktik ini dijelaskan cara membuat akun OSS, alur pengajuan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan permohonan pengajuan registrasi PSAT-PDUK. Sedangkan sesi kedua adalah pemaparan oleh Bapak Purwanto tentang penanganan PSAT yang baik. Beliau menjelaskan mulai dari pengertian PSAT, kriteria keamanan dan mutu (sanitasi hygiene penanganan produk). Pemaparan materi di setiap sesi diikuti dengan adanya diskusi interaktif dengan peserta kegiatan. Peserta kegiatan cukup antusias dalam melontarkan pertanyaan-pertanyaan baik tentang alur registrasi PSAT, penggunaan OSS, serta kendala-kendala dalam penanganan PSAT.

oleh Rindra Aryandari, S.Si (Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan)
oleh Rindra Aryandari, S.Si (Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan)